Figaclown. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

My Story of Mahabhakti

MAHABHAKTI (perkemahan bhakti) adalah sebuah acara yang bertujuan untuk melatih diri seseorang agar menjadi mandiri, acara ini hampir mirip dengan perkemahan seperti biasanya namun ada hal yang berbeda, acara ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan merupakan sebuah program/kegiatan wajib dari sekolah MAN Yogyakarta I, acara ini diikuti oleh seluruh kelas X. MAN Yogyakarta I mempunyai 2 ambalan, yang pertama namanya adalah Ambalan Alibasyah (ambalan ini khusus lelaki) Gudep 03089. yang kedua namanya adalah Ambalan Ratnaningsih (ambalan ini khusus perempuan) Gudep 03090.

Pada tahun ini, perkemahan diadakan di lokasi perkemahan, tepatnya di tempat Militer Tentara AD, Klaten. Di lokasi ini memang digunakan untuk lokasi berkemah dengan tempatnya yang strategis. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari 3 malam. Pada tahun ini pula tema yang diangkat adalah "Tanamkan Jiwa Kebersamaan dalam Perkemahan MAHABHAKTI".

Okeh, kegiatan ini akan saya jabarkan....

Salam Pramuka!! Sebelum saya mengikuti acara ini saya sudah mempersiapkan hal-hal yang matang untuk acara ini, mulai dari barang-barang sampai mental. Saya dan teman-teman saya, tergabung dalam kelompok PENDOBRAK 4.
PENDOBRAK 4 terdiri dari 7 orang personil, yaitu : Figa (saya), Zaki, Irwan, Tunjung, Rozdi, Surur dan Danu.

Pada Hari Pertama...
+ 09.55 W.I.B. pagi, diadakan apel pembukaan Mahabhakti, dilaksanakan di lapangan MAN Yogyakarta I (yang biasa untuk pramuka). Setelah itu kita (peserta) menuju ke bumi perkemahan. Saya dan teman-teman sepertinya harus berpisah karena kendaraan yang tidak cukup muat. Ada beberapa kendaraan pada waktu itu, ketika itu aku bingung mau masuk kendaraan yang mana, karena kelebihan kapasitas sampai-sampai bis yang khusus untuk peserta yang sakit harus dimasuki oleh peserta yang tidak sakit. Aku pun join kesana (bis). Sekitar 1 jam-an perjalanan berlangsung, kami pun sampai ke bumi perkemahan. Disana kami pun disuruh untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada. Seperti melakukan perjalanan menuju post-post yang disetiap post itu kita disuruh untuk melakukan sesuatu. Selesai melakukan perjalanan, kita membangun tenda dengan area yang telah ditentukan. Kegiatan pun berlangsung, yaitu sekitar pukul 8 malam sampai jam 12an malam. Kegiatan itu adalah kegiatan inti dari Mahabhakti yang bernama PTA (Pelantikan Tamu Ambalan). Para peserta termasuk kami melewati banyak prosesi dan tahapan hingga dilantik, termasuk proses ketika seluruh peserta dikumpulkan di lapangan yang besar dan disitu para peserta, termasuk kami dimarahi habis-habisan. Mungkin hal itu untuk menguji mental kita sehingga tahan banting terhadap hal seperti itu. Setelah kegiatan itu kami pun tertidur pulas sampai sebelum adzan subuh berkumandang.

Pada Hari Kedua, Ketiga... 
ke- 2 hari ini, para peserta mengikuti banyak lomba yang telah disiapkan oleh para Dewan Ambalan beserta jajarannya. Lomba yang diadakan oleh para Dewan Ambalan beserta jajarannya, antara lain yaitu lomba pengembara, lomba masak, lomba futsal, lomba pasang bongkar tenda, lomba tarik tambang, lomba syahril Qur'an, lomba aster serta ketrampilan pramuka, pionering dan festival kesenian rakyat (FKR).
Lomba yang saya ikuti adalah lomba syahril Qur'an, lomba pengembara dan FKR (tapi kami tidak sampai ke final). Masing-masing lomba memiliki cerita tersendiri. Acara ini diakhiri dengan api unggun, yang dimana pada acara terakhir ini ada lomba fashion show dan final FKR. 



Pada Hari Keempat...
Pada hari ini, para peserta mengikuti upacara penutupan Mahabhakti 2012 untuk pulang ke rumah masing-masing. Semuanya seperti tidak sabar ke rumah masing-masing untuk merasakan empuknya kasur di rumah karena selama 4 hari 3 malam tidur di atas rumput.


Itulah cerita mengenai Mahabhakti-ku, apa ceritamu?


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: